Intip Kendaraan Listrik Buatan Kota Agast Papua Selatan

- 13 Juli 2023, 12:17 WIB

Celahsumbar.com - Lima tahun terakhir pemerintah berupaya melakukan akselerasi dalam membangun ekosistem kendaraan listrik untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil sekaligus upaya mengurangi emisi gas rumah kaca. 

Jauh dari hingar bingar pemberitaan media massa, nyatanya ekosistem kendaraan listrik telah terbentuk di sebuah kota terpencil di Pulau Papua. Sejak 2007 sepeda motor listrik telah menjadi moda transportasi utama di Agats, distrik yang menjadi ibu kota Kabupaten Asmat, Papua Selatan. 

Sebelum sepeda motor listrik hadir, berjalan kaki menjadi pilihan utama mobilisasi warga di wilayah seluas 701,99 kilometer persegi dan berpenduduk 15.841 jiwa itu (data terakhir 2020). Selain itu, sebagian warga setempat juga menggunakan perahu motor karena sebagian besar wilayahnya merupakan rawa dengan banyak sungai.

Tahun 2006 menjadi awal kemunculan kendaraan listrik di Agats setelah seorang warga pendatang asal Sulawesi Selatan, Erna Sabuddin, membawa satu unit sepeda motor listrik.

Sampai saat ini pemerintah setempat mencatat jumlah sepeda motor listrik yang beredar di Agats mencapai tidak kurang dari 4.000 unit (data 2022) atau 99 persen kendaraan di Agats merupakan sepeda motor listrik.

Namun berbeda dengan di Jawa atau daerah lainnya di Indonesia, sepeda motor listrik di Agats masih dikategorikan sebagai sepeda sehingga para pemiliknya tidak perlu memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) maupun surat izin mengemudi (SIM).

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah