BNPB dan PVMBG Lakukan Pengamatan Terhadap Hulu Sungai Gunung Marapi, Ada Apa?

- 19 Mei 2024, 06:00 WIB
Kolom abu vulkanik tampak membumbung akibat aktivitas erupsi yang terjadi pada Gunung Marapi di Sumatera Barat, Rabu (3/4/2024)
Kolom abu vulkanik tampak membumbung akibat aktivitas erupsi yang terjadi pada Gunung Marapi di Sumatera Barat, Rabu (3/4/2024) /PVMBG/

Celahsumbar.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan pemantauan kawasan Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar).

Peneliti PVMBG Mamay Sumaryadi mengatakan, pengamatan visual dilakukan fokus pada titik lokasi terdampak dan kawasan hulu sungai di Gunung Marapi.

"Khusunya pada bagian alur sungai dengan vegetasi yang rusak akibat diterjang debit air banjir lahar dan hujan," ujarnya di Padang, Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga: Kekhawatiran Banjir Lahar Dingin Marapi Diungkapkan BNPB dan BMKG, Apa Solusinya?

Dari pengamatan udara itu, BNPB bersama PVMBG melihat terjadi kerusakan vegetasi hingga sisa-sisa sedimen yang masih tertahan di atas lereng gunung, dan di sekitar aliran sungai.

"Berdasarkan hasil pengamatan, sedimen tersebut merupakan sisa dari banjir lahar hujan yang terjadi," singkatnya.

Selanjutnya, sambung Mamay, pihaknya akan menghitung sisa sedimen yang masih tertahan di atas lereng maupun di sekitar aliran sungai.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Banjir Bandang Lahar Dingin Marapi Sumbar, Ini Kata Kepala BNPB

Hasil tersebut nantinya menjadi salah satu bahan evaluasi untuk menentukan titik lokasi pembangunan sabo dam yang direncanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Halaman:

Editor: Widji Ananta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah