Gubernur Sumbar Mahyeldi Gaungkan Pupuk Organik Berbasis Batu Bara, Ini Kata Dubes RI untuk Nigeria

- 25 April 2024, 09:00 WIB
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi /Instagram/@mahyeldisp

Celahsumbar.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengungkapkan solusi untuk kelangkaan pupuk. Salah satunya dengan bahan organik, yaitu dengan basis batu bara.

"Pemprov Sumbar terus mencari solusi untuk kelangkaan pupuk salah satunya dengan mendorong penggunaan pupuk organik. Pupuk berbasis batu bara bisa menjadi alternatif untuk persoalan pupuk ini," kata Mahyeldi, Rabu (24/4/2024).

“Sumbar saat ini dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan pembuatan pupuk berbasis batu bara ini. Tentu saja ini kabar baik bagi kita semua, terutama sekali bagi para petani yang kerap menghadapi masalah kelangkaan pupuk."

Baca Juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Beri Pesan Penting ke Alumnus Fakultas Pertanian Unand, Apa?

Menurutnya, program pelatihan tersebut sejalan dengan konsentrasi Pemprov Sumbar terhadap sektor pertanian, yang tercermin dari alokasi APBD Sumbar ke sektor tersebut yang mencapai angka 10 persen.

"Sumbar juga siap sebagai tempat pelaksanaan pelatihan serupa untuk masa-masa yang akan datang," katanya.

Pelatihan pembuatan pupuk berbasis batu bara yang akan digelar selama tiga bulan itu juga diikuti oleh warga negara Nigeria.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Bekukan Izin Tambang 3 Perusahaan Imbas Rusaknya Jalan Nasional Air Dingin

Duta Besar (Dubes) RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap mengatakan Nigeria adalah negara dengan lahan pertanian yang cukup luas. Secara umum, diperkirakan kebutuhan pupuk di Nigeria mencapai 1,8 juta ton per tahun untuk 3 juta hektare total luas lahan pertanian.

Halaman:

Editor: Rizki Adidji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah