Terungkap! Kesengajaan Ubah Nama Masjid Raya Menjadi Al Minangkabawi Versi Mahyeldi

- 16 April 2024, 17:00 WIB
Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi saat diwawancarai di Padang, Kamis (21/3/2024)
Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi saat diwawancarai di Padang, Kamis (21/3/2024) /ANTARA/Muhammad Zulfikar/

Celahsumbar.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menyatakan, pengubahan nama Masjid Raya Sumatera Barat menjadi Masjid Raya Syekh Khatib Al Minangkabawi adalah hal disengaja.

Senagaja yang dimaksudkan, sambungnya, adalah untuk penguatan hubungan antara Ranah Minang dengan Arab Saudi ke depannya. Termasuk, menjalin kerja sama potensi-potensi bisnis yang berkembang.

"Ini sengaja karena kita ingin mencari potensi-potensi yang bisa menguatkan hubungan Provinsi Sumbar dengan Arab Saudi," kata Mahyeldi, Padang, dikutip dari ANTARA, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Usul Ganti Nama Masjid Raya Sumbar jadi Masjid Al Minangkabawi

Sebelumnya, Mahyeldi mewacanakan untuk mengganti nama Masjid Raya Sumbar sebagai ikon wisata halal menjadi Masjid Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

"Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi merupakan ulama besar asal Minangkabau yang menjadi imam di Masjidil Haram. Kita berharap nama beliau bisa diabadikan menjadi nama masjid yang menjadi ikon wisata halal di Sumbar," kata Mahyeldi di acara Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah, di Masjid Raya Sumbar, Padang, Sabtu, 23 Maret 2024.

Mahyeldi mengatakan telah bertemu langsung dengan salah seorang keturunan ulama besar tersebut, Dr. Khalid Muhammad Al Bahjat Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang berkunjung ke Sumbar pada 2023 lalu.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Beri Pesan Penting ke Pengendara di Fly Over Kelok Sembilan

Siapa Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Masjid Raya Sumbar - Padang
Masjid Raya Sumbar - Padang

Halaman:

Editor: Widji Ananta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah