Jasa Marga Prediksi Ada 907 Ribu Kendaraan yang Belum Kembali ke Jabodetabek

- 16 April 2024, 10:00 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama.
Gerbang Tol Cikampek Utama. /Foto : dok. Jasa Marga

Celahsumbar.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi masih ada sebanyak 907 ribu kendaraan atau 48 persen dari total pemudik belum kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) di puncak arus balik Lebaran 2024.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan angka tersebut didapat dari prediksi 1,87 juta kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada periode H1 hingga H+7 atau 10-18 April 2024.

Menurutnya, untuk memitigasi kepadatan jalan tol yang hendak digunakan pemudik, pihaknya menambah lajur transaksi di gerbang tol, serta mendukung rekayasa lalu lintas yang diterapkan Kepolisian.

Baca Juga: Bus Terguling di Jalur One Way Bukittinggi-Padang, 1 Tewas dan 46 Luka-luka

"Kami perkirakan masih sekitar 907 ribu kendaraan akan kembali ke Jabotabek atau masih sekitar 48 persen pemudik yang belum kembali ke Jabotabek," kata Subakti dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Untuk itu Jasa Marga terus bersiaga, terutama pada titik krusial KM 66 Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta yang merupakan pertemuan lalu lintas dari arah Trans Jawa dan Bandung.

"Salah satunya dengan mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, menambah lajur transaksi di gerbang tol, pengalihan lalu lintas menuju jalur fungsional Japek II Selatan hingga menyiapkan sarana di lajur contraflow," ujar Subakti.

Baca Juga: Posisi Indonesia di Tengah Konflik Iran-Israel dan Potensi Perang Dunia III

Ia menjelaskan pihaknya telah memaksimalkan seluruh lajur transaksi hingga 35 lajur dengan penyiagaan 28 alat transaksi pembayaran melalui uang elektronik atau mobile reader, serta menyiagakan petugas bantu transaksi.

Halaman:

Editor: Tommy Adi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah