PANAS! Israel Klaim 'Segera' Respons Serangan Drone Iran, Koordinasi dengan AS

- 16 April 2024, 10:22 WIB
Sistem anti-rudal beroperasi setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke Israel.
Sistem anti-rudal beroperasi setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke Israel. /Reuters/Amir Cohen/

Celahsumbar.com - Seorang pejabat Israel menyatakan akan segera segera merespons serangan yang dilakukan oleh Iran akhir pekan lalu, Sabtu (13 April 2024). Hal itu terungkap dalam laporan NBC News.

Berbicara kepada NBC News seusai pertemuan Kabinet Perang Israel yang berlangsung selama beberapa jam. Tanggapan diplomatik dan militer dibahas dalam pertemuan kabinet tersebut termasuk koordinasi dengan Amerika Serikat (AS).

"Respons apa pun akan dikoordinasikan dengan Amerika," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu.

Baca Juga: Posisi Indonesia di Tengah Konflik Iran-Israel dan Potensi Perang Dunia III

Iran melancarkan serangkaian serangan pesawat nirawak dan rudal ke wilayah Israel pada sebagai balasan atas serangan Tel Aviv terhadap kantor konsulatnya di Damaskus, Suriah, pada 1 April.

Serangan Israel, sekutu Amerika Serikat dan penjajah Negeri Palestina ini, menewaskan sedikitnya 13 orang, termasuk tujuh penasihat militer Iran. Hampir semua rudal yang ditembakkan Iran dapat dicegat sistem pertahanan Israel dan sekutunya.

Menurut Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby, serangan balasan Iran itu "merupakan kegagalan yang memalukan bagi Pemimpin Tertinggi" dan bagi Korps Garda Revolusi Islam Iran.

Baca Juga: Pengakhiran Terjadi dalam Kabinet Perang Israel Usai Dibombardir Rudal oleh Iran, Ada Apa?

Berbeda dengan Kirby, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan serangan balasan negaranya terhadap Israel "perlu dan pantas," dan ditujukan pada sasaran militer. Sementara, Israel berjanji akan membalas serangan tersebut.

Halaman:

Editor: Widji Ananta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah