Polda Sumbar Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Bus yang Melintasi Jalur Malalak

- 29 Mei 2024, 10:00 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan
Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan /ANTARA/HO-Istimewa/

Celahsumbar.com - Polda Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pemeriksaan kelayakan angkutan umum bus untuk menimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berdampak buruk bagi keselamatan jiwa.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan mengatakan, dari empat armada yang ada di Padang kami memeriksa 48 bus dengan melakukan ramp check dari total keseluruhan yang terdaftar 438 bus.

"Jadi kita mengantisipasi angkutan bus yang tidak layak namun tetap melakukan perjalanan," kata dia.

Baca Juga: Lembah Anai Ditutup Total, Polda Sumbar Ingatkan Soal 3 Jalan Ini

Dari pemeriksaan tersebut disebutkan, setiap kendaraan yang akan beroperasi wajib mengantongi surat keterangan layak berangkat dari penanggung jawab bengkel untuk semakin baik.

"Tujuannya agar setiap kendaraan yang keluar dari pool itu benar-benar siap dan laik serta memiliki bukti untuk membawa penumpang," ujar dia menegaskan.

Pemeriksaan tersebut juga dilakukan setelah jalur Padnag-Pekanbaru di Lembah Anai ditutup dan dialihkan ke Malalak. Diketahui, jalur Malalak, Kabupaten Agam memiliki medan cukup ekstrem.

Baca Juga: Kejati Sumbar Akhirnya Tetapkan 8 Tersangka Dugaan Korupsi Dinas Pendidikan, Kronologinya Diungkap

Ia menegaskan, bus yang melewati jalur Malalk harus layak. "Jalur Malalak ini medannya cukup ekstrem dengan tanjakan sangat tinggi dan panjang sehingga dibutuhkan kendaraan yang prima," ucap dia.

Halaman:

Editor: Rizki Adidji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah