Masih Ngeyel Masuk Jalan Lembah Anai, Siap-siap Ditilang Polisi!

- 29 Mei 2024, 09:00 WIB
Kondisi jalan nasional Padang-Bukittinggi via Air Terjun Lembah Anai
Kondisi jalan nasional Padang-Bukittinggi via Air Terjun Lembah Anai /Antara/Fandi Yogari

Celahsumbar.com - Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Polisi Dwi Nur Setiawan mengatakan, bakal memberikan tilang kepada pengendara kendaraan bermotor yang nekat melintasi Lembah Anai.

Ia menjelaskan penindakan pengendara akan dilakukan dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sebab jalur tersebut tidak boleh ditempuh (verboden) selama dalam masa perbaikan.

"Pengendara yang masih nekad melintasi Lembah Anai akan kami tindak tegas berupa penilangan," kata di Padang, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga: Lembah Anai Ditutup Total, Polda Sumbar Ingatkan Soal 3 Jalan Ini

Ia mengatakan pengendara yang masih memaksa untuk melintas akan mengganggu proses pengerjaan perbaikan jalan yang masih belum stabil. Termasuk mengancam keselamatan dan keamanan pengendara itu sendiri.

"Pengendara dilarang melintasi jalur tersebut karena sangat berisiko tinggi, konturnya masih labil meskipun badan jalan sudah diperbaiki," jelasnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan
Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan

Dwi menegaskan, pihak kepolisian telah menyiapkan pengalihan lalu lintas untuk mengurangi dampak penutupan jalan Lembah Anai terhadap aktivitas masyarakat. Ia menyebutkan jalur alternatif yang tersedia bagi pengendara yang hendak dari Kota Padang menuju Bukittinggi bisa melalui via Malalak, Kelok 44, dan Sitinjau Lauik.

"Ada jalur alternatif yang sudah disiapkan, dan kami menempatkan personel di beberapa titik untuk mengatur lalu lintas," jelasnya.

Halaman:

Editor: Widji Ananta

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah