BMKG Minta Warga Sumbar Waspada Hujan Badai Disertai Kilatan Petir Hari Ini

- 28 Mei 2024, 07:54 WIB
Ilustrasi hujan badai/Pixabay/12019
Ilustrasi hujan badai/Pixabay/12019 /Ilustrasi hujan badai/Pixabay/12019 /

Celahsumbar.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang diprakirakan mengguyur 15 provinsi di Indonesia pada Selasa (28/5/2024).

Dikutip dari laman resmi BMKG, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan badai atau hujan yang disertai kilat dan petir di beberapa wilayah, yakni Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, dan Kalimantan Tengah.

Hujan badai juga diprediksi terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Baca Juga: Kekhawatiran Besar Dispertahorbun Sumbar Jika Banjir Susulan Kembali Menerjang

Kemudian Provinsi Bengkulu, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua diprediksi akan diguyur hujan lebat.

BMKG memprediksi sebagian wilayah diguyur hujan yang disertai dampak. Wilayah itu meliputi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Ada pula Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Baca Juga: Update Operasi TMC Sumbar: BNPB Siagakan 1 Pesawat Operasional TMC di BIM

Menurut BMKG, secara umum hujan pada 26–29 Mei 2024 berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan gelombang pasang di beberapa wilayah.

Halaman:

Editor: Rizki Adidji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah