AWAS! Hujan Lebat Berpotensi Guyur Sumbar hingga 4 Hari ke Depan

- 22 Mei 2024, 06:23 WIB
BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, 1 Agustus 2023
BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, 1 Agustus 2023 /BMKG/

Celahsumbar.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, Sumatera Barat (Sumbar) masih berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani. Data tersebut, kata dia, didapatkan dari hasil analisis dinamika atmosfer terkini.

"Maka hingga 3-4 hari mendatang kondisi dinamika tersebut mendukung masih adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Sumatera Barat," ujarnya.

Baca Juga: Kekhawatiran Banjir Lahar Dingin Marapi Diungkapkan BNPB dan BMKG, Apa Solusinya?

Dari analisis tersebut tim Meteorologi BMKG tersebut mendapati peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut karena dipicu oleh adanya fenomena Madden Julian-Oscillation (MJO), gelombang Ekuator Rossby dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Selain itu, kata dia, adanya faktor kondisi lokal menunjukkan kecenderungan peningkatan aktivitas konvektif akibat labilitas atmosfer yang kuat di Sumatera Barat.

Andri mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan dan mengikuti perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca BMKG, serta mematuhi arahan atau panduan dari pemerintah sehingga bisa memitigasi sejak dini atas dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Banjir Bandang Sumbar, Gubernur Mahyeldi Senang Banget

Berdasarkan panduan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bila hujan telah mengguyur lebih dari 120 menit dan jarak pandang menurun hingga kurang dari 100 meter.

Halaman:

Editor: Rizki Adidji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah