BPBD Sumbar Ungkap Kerugian Materil Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin 11 Mei 2024

- 20 Mei 2024, 12:00 WIB
Pantauan drone BPBD Tanah Datar kejadian banjir bandang di Simpang Manunggal, Kecamatan Lima Kaum, Kab Tanah Datar
Pantauan drone BPBD Tanah Datar kejadian banjir bandang di Simpang Manunggal, Kecamatan Lima Kaum, Kab Tanah Datar /BPBD Tanah Datar

Celahsumbar.com - Banjir bandang, banjir lahar dingin Gunung Marapi hingga bencana tanah longsor meluluhlantahkan Sumatera Barat (Sumbar) secara materil dan moral.

Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Ilham menjelaskan, kerugian sementara akibat bencana tersebut mencapai Rp108,38 miliar. 

Namun hitungan ceoat tersebut akan dapat berubah ke depannya. Data yang ada saat ini, sambung Ilham, sebenarnya memasukkan akumulatif komponen kerusakan dan kerugian.

Baca Juga: Persiapan Pemprov Sumbar Jelang Kedatangan Presiden Jokowi Selasa Besok

Ilham merinci data sementara, untuk Kabupaten Agam diperkirakan kerugian mencapai Rp79,85 miliar.

Kemudian untuk wilayah Padang Panjang kerugian ditaksir mencapai Rp28,18 miliar. Sementara untuk Kabupaten Tanah Datar yang terparah masih dalam penghitungan.

Data hitung cepat tersebut juga memasukkan dampak bencana yang terjadi di Kabupaten Padang Pariaman yang diperkirakan mencapai Rp312,1 juta.

Baca Juga: Wagub Sumbar Audy Joinaldy Akui Sabo Dam Aliran Sungai Gunung Marapi Jauh dari Ideal

Bencana yang melanda tiga daerah di Sumbar pada Sabtu (11 Mei 2024) mengakibatkan 61 orang meninggal dunia dan 11 orang masih dalam pencarian.

Halaman:

Editor: Widji Ananta

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah