BNPB Sebar 3 Ton NaCl di Langit Sumbar Pada Operasi Modifikasi Cuaca Hari Keempat

- 19 Mei 2024, 17:00 WIB
BNPB gelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di langit Sumbar
BNPB gelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di langit Sumbar /BNPB

Celahsumbar.com - Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) kembali menggelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di wilayah Sumatra Barat (Sumbar), pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Operasi TMC kali ini dilaksanakan sebanyak tiga sorti dengan durasi penerbangan lebih kurang 6 jam 11 menit. Adapun lokasi penyemaian tersebut dilakukan dengan fokus di wilayah sekitar daerah aliran sungai di lereng Gunung Marapi.

"Total NaCl yang disemai pada operasi TMC kali ini berjumlah 3.000 kilogram atau 3 ton, yang mana setiap sorti penyemaian dilakukan sebanyak 1.000 kilogram," kata Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangan resminya, Minggu (19/5/2024).

Baca Juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Sebut Jokowi ke Sumbar 21 Mei 2024, 10 Hari Setelah Bencana

Sorti pertama dilakukan pada pukul 10.21 WIB dengan target penyemaian di sekitar wilayah tenggara hingga timur Kota Padang yakni wilayah Sijunjung dan Solok bagian selatan. Sorti 1 ini dilakukan dengan ketinggian 11.000 kaki.

Kemudian, sorti kedua ditargetkan dapat dilaksanakan pada pukul 13.02 WIB, dengan target penyemaian awan di sekitar wilayah Pesisir Selatan yaitu bagian selatan Kota Padang. Penyemaian ini dilakukan di ketinggian 12.500 hingga 13.000 kaki.

Sementara sorti ketiga akan dilaksanakan pada pukul 15.59 WIB dengan target penyemaian di sekitar wilayah timur laut hingga timur Kota Padang, di ketinggian 11.000 kaki.

Baca Juga: Mentan Tunda Kunjungan ke China, Pilih Kunjungi Petani Terdampak Banjir di Sumbar

"Penyemaian yang dilakukan di pagi menjelang siang hingga sore hari ini dikarenakan awan potensi hujan sudah teridentifikasi ketika menjelang siang hari," ujar Abdul Muhari.

Halaman:

Editor: Tommy Adi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah