Gubernur Sumbar Mahyeldi Sebut Jokowi ke Sumbar 21 Mei 2024, 10 Hari Setelah Bencana

- 19 Mei 2024, 13:00 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /Instagram/@jokowi

Celahsumbar.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi korban banjir dan longsor di Ranah Minang pada Selasa (22 Mei 2024). 

Dia mengatakan, Jokowi akan mengunjungi dua lokasi yang terdampak banjir bandang lahar dingin di Kabupaten Agam dan Tanah Datar. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menggunakan helikopter.

"Insya Allah nanti ke lokasinya (presiden) menggunakan helikopter," ungkap Mahyeldi di Padang, Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga: BNPB dan PVMBG Lakukan Pengamatan Terhadap Hulu Sungai Gunung Marapi, Ada Apa?

Sebelumnya, Mahyeldi mengingatkan masyarakat yang bermukim di sekitar daerah aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi untuk tetap mewaspadai potensi bencana susulan karena intensitas hujan masih tinggi.

"Berdasarkan pantauan drone Balai Wilayah Sungai Sumatera V masih ada penumpukan material sisa erupsi dalam jumlah besar di lereng Gunung Marapi. Ketika intensitas hujan tinggi, material itu bisa menyebabkan bencana susulan," kata Mahyeldi di Padang, Jumat.

Untuk menyikapi hal itu, kata dia, pemerintah melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah berupaya untuk memitigasi potensi tersebut. Salah satunya dengan melakukan modifikasi cuaca.

Baca Juga: Kekhawatiran Banjir Lahar Dingin Marapi Diungkapkan BNPB dan BMKG, Apa Solusinya?

Bencana alam, baik banjir bandang (galodo), lahar dingin, dan longsor yang terjadi pada 11-12 Mei 2024 yang berdampak di lima daerah (Tanah Datar, Agam, Padang Panjang, Padang Pariaman, dan Kota Padang) Sumatera Barat (Sumbar).

Halaman:

Editor: Rizki Adidji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah