Artefak Bersejarah Asal Indonesia Senilai Rp6,4 Miliar yang Dikembalikan AS Akan Dipamerkan di Museum Nasional

- 17 Mei 2024, 17:00 WIB
Kantor Kejaksaaan Distrik New York pada telah menyerahkan tiga artefak purbakala milik Indonesia senilai Rp6,4 miliar.
Kantor Kejaksaaan Distrik New York pada telah menyerahkan tiga artefak purbakala milik Indonesia senilai Rp6,4 miliar. /KJRI New York

Celahsumbar.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB ) memastikan artefak bersejarah yang dikembalikan pemerintah Amerika Serikat (AS) mendapat kesempatan dipamerkan dalam pameran repatriasi di Museum Nasional pada Oktober 2024 mendatang.

"Jadi Oktober akan ada pameran repatriasi besar, semuanya, termasuk yang sekarang sedang jalan pengembaliannya. Kalau isunya, teman-teman sudah paham ya. Jadi di Amerika (Serikat)-lah itu tadinya," kata Pelaksana tugas Kepala BLU MCB (Indonesian Heritage Agency/IHA) Ahmad Mahendra, Kamis, 16 Mei 2024.

Menurut Mahendra, artefak dari zaman kerajaan nusantara yang diselundupkan ke AS oleh penjahat itu akan sangat berharga bagi peradaban di Indonesia.

Apalagi, melihat nilai keseluruhannya mencapai USD405.000 dolar AS atau setara Rp6,5 miliar.

Baca Juga: Kata Prof Tjandra Yoga Aditama Soal KRIS dan BPJS Kesehatan dalam Perpres 59 Tahun 2024

Untuk diketahui, pada 26 April 2024 lalu, Kantor Kejaksaaan Distrik New York pada telah menyerahkan tiga artefak purbakala dari Indonesia senilai USD405.000 atau Rp6,4 miliar. Upacara serah terima artefak purbakala ini diselenggarakan di Kantor Kejaksaan Distrik di Manhattan, New York. Dokumen serah terima ditandatangani oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York dan Asisten Jaksa/Kepala Unit Perdagangan Barang Antik, Matthew Bogdanos.

Tiga artefak purbakala tersebut adalah patung perunggu yang menggambarkan Buddha yang tengah duduk di singgasana, patung perunggu yang menggambarkan Wisnu yang sedang berdiri, dan relief batu dengan dua figur yang duduk dari era Majapahit.

Kantor Kejaksaaan Distrik New York pada telah menyerahkan tiga artefak purbakala milik Indonesia senilai Rp6,4 miliar.
Kantor Kejaksaaan Distrik New York pada telah menyerahkan tiga artefak purbakala milik Indonesia senilai Rp6,4 miliar. KJRI New York

Benda-benda peninggalan ​sejarah ini merupakan bagian dari benda-benda bersejarah yang ditemukan dari penanganan kasus perdagangan ilegal oleh Subhash Kapoor, seorang mantan pedagang seni.

Halaman:

Editor: Tommy Adi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah