Imbauan Penting Wakapolda Sumbar kepada Perantau yang Pulang ke Ranah Minang

- 3 April 2024, 15:00 WIB
Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono
Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono /Istimewa/

Celahsumbar.com - Polda Sumatra Barat (Sumbar) menghimbau pemudik yang akan bertolak ke Ranah Minang atau ke kampung halaman dalam perayaan Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024 dilakukan lebih awal.

"Jika memang memungkinkan sebaiknya warga mudik lebih awal demi mengurangi penumpukan arus lalu lintas," kata Wakil Kepala Polda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono di Padang, Rabu (3/4/2024).

Ia mengatakan bahwa pemudik tidak perlu menunggu-nunggu waktu pulang karena dikhawatirkan malah bertemu dengan masa puncak arus mudik Lebaran 2024.

Baca Juga: Polda Sumbar Larang Kendaraan Ini Melintasi Jambi-Padang dan Bukittinggi-Padang, Ini Waktunya

Gupuh mengutip survei Kemenhub RI 2024 yang memperkirakan potensi pergerakan masyarakat pada Lebaran kali ini sebesar 193,6 juta orang, atau meningkat 56,4 persen dibandingkan 2023.

"Jika memang sudah ada waktu untuk mudik maka segeralah mudik, prinsipnya lebih awal lebih baik demi mengantisipasi penumpukan arus kendaraan," katanya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan
Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Dwi Nur Setiawan

Sementara itu, Direktur lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Nur Setiawan memperkirakan puncak arus mudik di Provinsi Sumbar akan terjadi pada 5-7 April. Demi memastikan kelancaran arus lalu lintas, pihak Ditlantas Polda Sumbar telah melakukan berbagai langkah persiapan dan strategi. Salah satunya adalah pemberlakuan sistem satu jalur (one way) antara Padang dengan Bukittinggi ataupun sebaliknya.

Penerapan rekayasa lalu lintas dari Kota Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya itu berlaku efektif pada 7 April hingga 15 April 2024. Pada bagian lain untuk melayani para pemudik, Polda Sumbar mendirikan 91 pos yang terdiri dari 42 pos pengamanan, 45 pos pelayanan, dan 4 pos terpadu.

Halaman:

Editor: Rizki Adidji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x