BMKG Pastikan Gempa Taiwan Magnitudo 7,4 Tak Berdampak Tsunami di Indonesia

- 3 April 2024, 10:16 WIB
BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, 1 Agustus 2023
BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, 1 Agustus 2023 /BMKG/

Celahsumbar.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi berkekuatan M7,4 yang melanda Taiwan bagian timur, tidak berdampak tsunami ke wilayah Indonesia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Rabu, mengatakan hal tersebut dipastikan berdasarkan hasil analisa yang dilakukan BMKG termuktahir beberapa saat setelah menerima informasi gempa melanda Taiwan.

"Gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya, tetapi tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Indonesia AirAsia Tebar Promo Tiket Rute Internasional di Libur Lebaran 2024, ke Singapura Cuma Rp300 Ribuan

Oleh karena itu BMKG mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan tidak percaya dengan berita bohong atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya tim Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG menginformasikan telah terjadi gempa bumi di Taiwan bagian timur berkekuatan M7,3 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M7,4 pada, Rabu (3/4) pukul 06.58 WIB.

Titik episenter gempa tersebut terletak di laut pada koordinat 23,80 derajat Lintang Utara (LU): 121,67 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 11 kilometer.

Baca Juga: Keluarga Pentolan Hamas Ismail Haniyeh Digelandang Aparat Israel dari Kediamannya

Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang diduga dipicu aktivitas subduksi lempeng di Palung Ryukyu (Ryukyu Trench) dengan mekanisme sesar naik (thrust fault).

Halaman:

Editor: Widji Ananta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x